#Day2NovAISEIWritingChallenge

Pesona Buah Pete



Ketika kulewati pasar tradisional di sekitar parung  banyak pete yang berserakan di lapak pasar , Tak terada air liur mengalir merasakan lezatnya makan nasi dengan lalapan pete ditambah ikan japuh dan sambel terasi

Buah pete memang tidak asing dimata semua orang . Makanan khas yang kerap dikonsumsi sebagian masyarakat Indonesia ini begitu terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas. Tanaman Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding dengan nama latin Parkia speciosa merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat.Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan FilipinaBagian dari pohon petai yang dijadikan sebagai masakan kuliner adalah bijinya yang terdapat di dalam buah. Meskipun menyebabkan bau mulut yang menyengat dan sulit dihilangkan, ternyata petai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. . Di beberapa negara tersebut, buah pete juga digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit.

Ragam Manfaat Petai untuk Kesehatan

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung pada petai, maka tidak heran bila petai memberikan ragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat petai yang bisa Anda peroleh:

1. Mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu tanda penyakit diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah penyakit diabetes dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes. Gula darah bisa dikontrol dengan rutin olahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan gula.Ini berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

2. Melawan radikal bebas

Petai merupakan salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh. sehingga menimbulkan beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak  penuaan dini, dan diabetes.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik yang akan menghindarkan berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, serat juga akan membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa berkurang. Hal ini menjadikan petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

4 Menjaga kesehatan jantung

Salah satu makanan yang dianggap baik untuk jantung adalah petai. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta kalium di dalam petai. Kalium merupakan elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

5. Mengatasi infeksi

Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur namun belum  terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Info bagi  pemakan Pete

Petai memang berpotensi memberikan banyak manfaat Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, juga perlu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang yang terdiri dari berbagai jenis makanan.Konsumsi petai dalam jumlah berlebihan tidak disarankan karena berisiko merusak ginjal. Selain itu, penderita asam urat juga disarankan untuk membatasi konsumsi petai sebab tumbuhan ini memiliki kandungan purin Tingginya kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah.


Mencegah bertahannya bau pete

Bau yang menyengat dari buah pete tidak usah khawatir karena ada penangkalnya 

  1. inum air hangat dalam jumlah yang cukup
  2. Makan mentimun
  3. Makan Buah -buahan yang kadar airnya banyak seperti melonm jeruk dll
  4. Minum kopi yang wanginya menyengat seperti : White copy
  5. Minum perasan jerul mipis
  6. Makan bubuk kopi hitam
  7. Mengunyah permen
Selamat menikmati dan mencoba 
Salam hangat  siti m

 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog