GURU
INSPIRATIF Di DAERAH 3T
Resume 28.Senin7 Desember 2020
Nara
Sumber : Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr.
Profilnya
: Beliau adalah seorang Juara Guru Inspiratif tingkat SMP.
pengalaman bertugas di daerah terpencil. Bertugas di SMPN 5 Sambi Rampas Kab. Manggarai Timur, Provinsi NTT. Tetapi saya asli Banjarnegara, Jawa Tengah.Bertugas di daerah 3t (terdepan, terluar dan tertinggal). Di tempat beliau tugas tidak ada Listrik, air susah, mata pencaharian orang tua berkebun yang hasil panenya satu tahun satu kali, menuju ibu kota kab. 4 jam. tapi semua itu beliau nikmati karena dengan menikmati dan mensyukuri proses kehidupan ini semua terasa ringan. Bertugas di daerah terpencil sejak tahun 2015 sampai sekarang. juga founder rumah belajar garis inspirasi yang berdiri sejak 2016 sampai sekara
Mulai
menulis tahun 2016. Menulis tentang berbagai
tantangan dan solusi menjadi pendidik di daerah 3t. Pertama kali menulis
langsung membawakan saya menjadi finalis (10 ) besar kegiatan Simposium GTK
2016 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kemdikbud R
Beliau
menulis karena ingin Pendidikan di daerah khusus atau daerah
terpencil yang masih serba kekurangan dari berbagai akses dapat diperhatikan
oleh pemerintah. Dan beliau berharap
dengan menulis tentang perjalanan atau tantangan bertugas di daerah 3t dapat
memotivasi para guru-guru yang berjuang di garis depan daerah terpencil supaya
para pendidik semangat berinovasi
dan menginspirasi di walaupun di daerah
terpencil.
Dalam
lomba tersebut ada persyaratannya dari administasi sampai deskripsi karya kita yang sudah dilakukan,
deskripsi saat ini dan deskripsi yg akan datang. Biasanya ada panduanya bu dari
Kemdikbud RI karya yang saya tampilkan adalah yg sudah saya lakukan sejak 2016
sampai sekarang. Buatlah karya yang inovatif dan buat karya yang dapat
menginspirasi
Prestasi
terakhir kemarin di nobatkan menjadi Guru SMP Inspiratif Tingkat Nasional 2020
yang diselenggarakkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud di Hotel Serpong, Tangsel.
Beliau
berjiwa perantau yg tinggi dan mengikuti
program SM3T yang di selenggarakan oleh kemdikbud RI. Menurutnya selama ada niat dan kemauan yg kuat tidak mudah menyerah
pasti ada jalan untuk tetap menulis berkualitas.Alasan beliau semangat dalam mengabdi adalah karena udah
biasa merantau dan mengabdi di daerah 3t, kemudian kecintaan nya terhadap NKRI karena kita disumpah siap
ditempatkan diseluruh wil.NKRI dan pengabdian yang tulus akan di balas oleh
Tuhan.
Beliau banyak melakukan
kegiatan di bidang pndidikan
dan sosial kemasyarakatan didaerah 3t, salah satu contoh adalah membuat rumah
belajar dirumah, karena anak-anak selesai sekolah, langsung ke kebun pulang
malam terus tidur, sehingga tidak ada waktu untuk blajar, maka saya mndrikan
rumah belajar, untuk anak2 belajar membaca buku, les matematika, akses internet
gratis, latihan laptop dll. Selain itu menjadi relawan pendidikan di daerah 3t,
membagikan buku tulis, buku bacaan, flasdisk pembelajaran, seragam sekolah.
Di
masa pandemi ini anak-anak dan masyarakat tidak bisa mencuci tangan , karena
akses air sulit maka saya membuat 4 bak penampung air dan 2 sumber mata air.
Donatur berasal dari teman2 di jawa .
Mengingat
kekurangan guru dimana . banyak guru yg
mutasi ke kota, paling lama 1 th di tempat kmi mengabdi setelah itu mereka
pindah maka beliau bermain peran ganda, Disamping
pernah jadi BK, guru ips, seni budaya
dan agama islam, dan juga sebagai
aktivis di rumah belajar di lingkungan masyarakat untuk anak-anak SD, SMP dan SMA. Beliau menyarankan
jika mereka ingin pindah ke kota, lihatlah wajah anak-anak yang masih
membutuhkan kita. Dan pemerintah daerah juga harus membuat regulasi supaya ada
batas miniml mengbdi dibdaerah 3t.
Sebagai
BK beliau memberikan layanan di derah 3t
setelah melakukan asesmen. Kenakalan disini tergolong ringan,(hal ini beliau bisa
membedakan karena sebelum kesini pernah mengajar di SMK di Jawa. tidak ada
kenalakan berat, bidang bimbingan belajar dsini lebih ditekankan,
Motivasi
yang kuat
Beliau
datang ke tempat tugas melihat kondisi
anak-anak yg tidak pernah belajar, tidak bisa laptop, tidak bisa internet,
membuat saya terenyuh, apa kita saja (permisi) orang yang berada diperkotaan yg
bisa maju maka saya membuat rumah belajar sebagai rumah kedua untuk anak-anak
bermain dan belajar. Karena mereka membutuhkan itu di masanya bukan untuk
bekerja. Pelan-pelan saya buat proposal pengajuan buku bacaan, buku tulis, alat
permainan dll alhamdulillah terjawab, tetapi jika ada kriman buku saya harus
mengambil 6 jam pp ke kantor pos.
Di daerah 3t itu banyak sekali tantangan yg
harus dihadapi tidak hanya di lingkungan sekolah, dilingkungan masyarkat kita
harus peka terhadap maslah yg dihadapi masyarkat dan kalau kita bisa membantu
maka bantulah. Orang-orang di daerah 3t harus mempunyai, effort yg kuat,
solutif dan tidak mudah menyerah.
Guru
Inspirator
di
lingkungan sekolah beliau membuat gebrakan untuk pertama kali di kab. Manggarai
Timur membuat ujian offline pertama kali di daerah 3t dan pemilihan ketua osis
offline menggunakan tablet bantuan kemdikbud sebanyak 27 tablet, laptop, lcd
dan PC.hal ini sangat istimewa. namun terdapay berbagai kendala yang bisa menyelesaikannya
perlahan-lahan
Potensi
menulis
Potensi yang dapat di gali adalah sumber daya
manusia, sebenarnya mereka bisa dan ada juga yang mempunyai kemauan tinggi
untuk belajar, tetapi sekali lagi kendala berbagai akses yang menghambat.
Contoh
pernah berkunjung ke suatu kampung, distu
tidak ada sarjananya, karena apa, karena mereka sulit untuk mengakses
kemudahan2 dalam pendidikan. Mereka sibuk memikirkan bagimana kita bisa
bertahan hidup. Tugas kitalah memberikan pencerahan tentang pendidikan supaya
mereka menjadi manusia yang berkualiatas. Iya bu itu foto saya disna🙏
Beliau
harus mengajari anak-anak menggunakan laptop . karena memang di sekolah tidak
ada komputer dan laptop
Comments
Post a Comment