Resume 2 : Sukses menulis diusia senja  (55 Tahun)

Hari/tanggal    :7 Oktober 2020                        

Narasumber     : Pak Mukminin

Moderator        : Bu Kanjeng

Tema                :Sharing Pengalaman Cak Inin  “Sukses menulis diusia senja      (55 Tahun)_ 


Inspirasi dari nara sumber :

ü  Tetap budayakan menulis apapun alam sehari walau  cuma 1 kalimat atau 1 kata inspiratif.

ü  Tetap budayakan literasi, karena jadi penulis hebat kamu harus rajin membaca karya dari orang lain. 

Nara sumber Cak Inin dan moderator Bu Kanjeng. keduanya memaparkan dengan sangat baik, lugas dan menginspiratif mulai dari proses menulis hingga menjadi buku dan menerbitkan banyak buku. Bahkan beliau sebagai fasilitator berbagai penulis agar diterbitkan bukunya oleh penerbit hingga beliau mampu juga mengembangkan kemampuan dibidang percetakan. Berikut sedikit jabaran terkait profilnya:    

    Keingina beliau menulis berawal dari pertemuannya dengan dengan Bu Emi Sudarwati yang sudah menerbitkan 300 lebih buku dan beliau dimotivasi. "Pak Min segera menulis buku karenan jenengan guru saya bhs Indonesia di SMP  pasti bisa, apalagi Bapak sering mengantarkan orang umroh ke Makah, bisa ditulis Pak!" begitu kata Bu Emi. " Ya MbaK insya Allah sy pingin sekali, bgmn caranya." begitu sahut sy".

    Kemudian dari situlah beliau aktif ikut berbagai kegiatan workshop menulis dan menerbitkan buku pertama dengan rasa bangga sekali. Cak min juga mengikuti kuliah online Om Jay gratis lwt WAG PGRI gelombang 8. Tepatnya 29 Maret 2020. Motivasi berupa mantera dari Om Jay yang sangat  luar biasa yang selalu ingat dan beliau sampaikan, " Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yg terjadi". Beliau juga memberikan teknik untuk nge-blog yaitu dengan saling kunjung blog sehingga mendapat ilmu teknik menulis/meresume dari teman. Beliau terus aktif mengikuti berbagai wokhsop, aktif melakukan blog working ke teman-teman dan membaca blog penulis lainnya sehingga sangat luar dalam tahun ini menerbitkan beberapa buku dalam waktu yang bersamaan.

    Sabtu, 11 Juli 2020 profil beliau bahkan sampai dimuat di Jawa Pos Radar Lamongan dengan judul "Mukminin Tak Mau Kalah dengan Penulis Muda". Berbagai ucapan selamat berdatangan dari rekan-rekan seprofesi beliau.

    Tak sampai disitu saja, bahkan beliau menyebarkan VIRUS LITERASI di sekolah SMPN I Kedungpring Lamongan tempat beliau mengajar dengan melaksanakan Workshop Menulis dan Menerbitkan Buku. Kepala Sekolah mendukung, beliau mendatangkan Narsum hebat PBG dari Bojonegoro Bu Emi Sudarwati dkk dan Kepala dinas pendidikan Lamongan. Alhamdulillah acara berjalan sukses dan menghasilkan buku antologi Cerita Sang Guru. Sangat luarbiasa. Beliau juga belajar bagaimana jadi penerbit dan menjelaskan bagaimana mekanisme mulai dari proses cetak, hingga pembayaran terkait terbitny suatu buku.

    Berdasarkan cerita inspiratif dari beliau yang sudah menerbitkan 7 buku, sangat rugi sekali jika kita/saya sebagai pemula tidak memetik hikmah dan menjadikan suatu motivasi agar berkarya seperti beliau yang memasuki usia 54 tahun mulai aktif menulis dan menghasilkan beberapa buku ditahun yang sama. Oleh karena itu, saya sebagai kaum muda sangat malu jika semangat menulis ini lebih kecil dari semangat beliau yang membara dalam menuangkan inspirasi dan mengembangkan virus literasi bagi kawula muda.

Di akhir pembelajaran beliau memberikanTips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I yang sangat menarik sebagai berikut:

1.   1.  NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman  / menulis itu ibadah

2.     2,MENCARI MENTOR
•Carilah pembimbing penulis sukses,
• Kalau ingin sukses bergaullah dg orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dg bakul minyak wangi)

3.     3. A T M

a.    AMATI (amati penulis sukses / mentor, cara dan gaya penulisannya)

b.    TIRU

ü   Tiru / ikuti apa dan bgmn yang dilakukan penulis sukses / mentor.

ü  Tiru dlm arti menuri dg modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

c.    . MANUT

ü  Ikuti semua intruksi yang disarankan mentor,(langkah yang  dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses)

ü   Ikuti  cara menerbitkan buku sesuai aturan  penerbit:

a)      Menulislah setiap hari dengan hati buktikan apa yg terjadi( mantera Om Jay).

b)       Lahap  baca semakin cepat menulis

c)       Ikatlah ilmun dg Tulisan ( Ali bin Abi Tholib)

d)       Menulislah dalam kesibukan (  Master Emcho)

e)      Tiada kata terlambat untuk menulis, tulislah segera apa yang Anda suka, Anda dengar, Anda lihat, Anda baca dan Anda rasakan untuk berbagi kebaikan ( Cak Inin  Mukminin, 2020)

f)       Torehkan penamu dari hikmah jejak kakimu siapa tahu itu jadi penolongmu ( Cak Inin Mukminin, 2020)

g)      Kalau kamu ingin panjang umurmu, maka menulislah ( Cak Inin Mukminin 202 )

4.   4. ISTIQOMAH

ü  Beristikoamah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, Satu Puisi, Satu kalimat, satu kata-kata.bijak.

ü   pilihlah waktu yg tepat sesuai kondisi masing-masing ( bisa habis sholat subuh yg masih Fress, bisa disela-sela pekerjaan, atau waktu istirahat, atau kapanpun  ada kesempatan)

Salam literasi


Comments

Popular posts from this blog